Obyek Wisata

 203 total views,  2 views today

Kabupaten Tabalong yang terletak di bagian utara Kalimantan Selatan ini menyimpan berbagai  macam keindahan alam. Secara geografis wilayah Kabupaten Tabalong dibagi menjadi  2 bagian, yaitu wilayah dataran rendah dan dataran tinggi.Wilayah dataran rendah terletak di bagian selatan dan wilayah dataran tinggi terletak di bagian utara Kabupaten Tabalong. Objek wisata alam di Kabupaten Tabalong sebagian besar terletak di bagian utara.Berikut daftar objek wisata alam yang di Kabupaten Tabalong:
1.      Riam mambanin

RIAM MAMBANIN

Riam Mambanin adalah objek wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun setinggi kurang lebih 5 meter. Selain air terjuan, Riam Mambanin juga menawarkan keindahan alam di sekitarnya dan sungai dengan bebatuan besar. Riam Mambanin terletak di Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong. Jarak objek wisata dengan kota Tanjung jurang lebih 32 km.
2.Riam Kinarum

BENDUNGAN KINARUM

Riam Kinarum adalah objek wisata alam yang menawarkan keindahan sungai dengan arus jeram dan bebatuan besar. Pada awal tahun  2016 di lokasi objek wisata Riam Kinarum dibagun sebuah bendungan yang dinamakan Bendungan Kinarum. Tujuan pembangunan Bendungan Kinarum ini yaitu untuk pengairan sawah yang ada di Kecamatan Upau dan di Desa Marindi.Namun, pembangunan Bendungan Kinarum ini tidak hanya berfungsi untuk pengairan/irigasi saja tetapi juga menjadi objek wisata tambahan bagi pengunjung.Riam Kinarum terletak di Desa Kinarum, Kecamtan Upau, Kabupaten Tabalong. Jarak dari pusat Kota Tanjung kurang lebih 45 km.
3. Riam Mesi

Riam Mesi adalah objek wisata alam yang baru saja popular di Kabupaten Tabalong. Objek wisata ini menawarkan keindahan air terjuan dengan 13 tingkatan yang sangat mempesona.Banyak orang menyebut Riam Mesi dengan sebutan “surga yang tersembunyi”. Hal ini dikarenakan jarak dan medan menuju lokasi objek wisata cukup sulit.Riam Mesi terletak di Desa Salikung, kec. Muara Uya, kab. Tabalong. Jarak dari kota Tanjung kurang lebih 60 km.
4.Gunung Jawuk

GUNUNG JAWUK/RUMAH POHON

Orang-orang lebih mengenal istilah “rumah pohon” dari pada gunung Jawuk. Hal ini dikarenakan di sana terdapat sebuah rumah pohon yang terletak di salah satu bukitnya. Namun, nama sebenarnya dari kawasan ini yaitu Gunung Jawuk.Gunung Jawuk terletak di Desa Sungai Rumbia, kec. Upau, kab. Tabalong. Jarak tempuh dari kota Tanjung kurang lebih 45 km.Di lokasi objek wisata ini pengunjung bisa melihat bagaimana keindahan alam deretan pengungan meratus. Selain itu, adanya rumah pohon di sini menjadi daya tarik tersendiri. Namun, yang masih jarang orang ketahui bahwa di lokasi rumah pohon ini merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset/matahari tenggelam.
5.      Liang Pundun

LIANG PUNDUN

Liang Pundun terletak di Desa Purui, kec. Jaro, kab. Tabalong. Berjarak kurang lebih 45 km dari pusat kota Tanjung. Liang Pundun termasuk ke dalam jenis wisata air karena objek wisata ini menyajikan jernihnya mata air pegunungan. Jernih air yang ada di Liang Pundun ini dikarenakan mata air yang keluar langsung bersumber dari dalam gua Liang Pundun.Akses menuju tempat wisata ini terbilang cukup sulit karena jalan yang dilalui belum beraspal. Semoga kedepannya objek wisata ini bisa dikelola lagi, baik itu pemerintah maupun warga disekitar objek wisata Liang Pundun agar menjadi objek wisata unggulan.
6. Liang tapahLiang Tapah atau Goa Liang Tapah terletak di kec. Jaro, kab. Tabalong. Berjarak 60 km dari pusat Kota Tanjung.Panorama alam yang disajikan oleh Goa Liang Tapah yaitu keindahan air yang berwarna hijau yang berada di mulut goa, kedalaman air kurang 3 meter. Di mulut goa pengunjung bisa berenang menikmati segarnya mata air pegunungan. Di sana penduduk setempat juga sudah menyediakan ban bekas untuk membantu pengunjung berenang. Tentunya akan lebih seru.
7. Air terjun lano

AIR TERJUN LANO

Kecamtan Jaro yang terletak di daerah paling utara kab. Tabalong ini paling banyak memiliki objek wisata alam. Hal ini dikarenakan tofografi wilayahnya terdiri dari perbukitan barisan dari pegunungan Meratus.Objek wisata alam yang baru-baru ini ramai dikunjungi yaitu Air Terjun Lano. Air Terjun Lano terletak di Desa Lano, kec. Haruai, kab. Tabalong. Berjarak 65 km dari pusat kota Tanjung.
Baca juga :

Lokasi Taman Bunga Poska Tanjung dan Rute Menujunya

Sobat pastinya penasarankan ingin jalan jalan ke Taman Bunga Poska? Nah, kalau sobat mau liburan ke sini, lokasinya berada di Desa Pematang RT 07, Kecamatan Banua Lawas, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Sederhanya, agar mudah di ingat, lokasinya berada dekat tugu perbatasan antara Kabupaten Tabalong dan Hulu Sungai Utara.

Kalau sobat start dari arah Tanjung, sebelum tugu perbatasan akan menjumpai pertigaan, maka sobat nanti harus belok kanan kalau lurus menuju Kota Amuntai (HSU). Sebaliknya kalau dari jalur Amuntai, sedikit sekitar 10 meter setelah tugu perbatasan akan ada pertigaan lalu belok kiri. Setelah itu lurus saja tidak ada belokan lagi, kira-kira sekitaran 15 menitan sobat akan sampai di lokasi objek wisata Taman Bunga Poska.

Nantinya akan melewati 2 tempat wisata unggulan lainnya di Kota Tanjung, yaitu Wisata Danau Biru dan Wisata Kebun Sayur Pugaan.

Haga Tiket Masuk Wisata Taman Bunga Poska

Tiket masuknya murah, hanya Rp3.000/ orang.Tarif parkirnya pun juga murah, Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Bersantai Menikmati Kesejukan dan Keindahan Taman Bunga Poska Tanjung

Setelah membayar tiket di loket masuk seharga Rp3.000,- sobat bebas menjelajah ke sudut mana pun dari Taman Bunga Poska yang sangat teduh, sejuk dan instagramable ini. Liburan di sini, baik sekedar melihat pemandangan, maupun berswa foto bersama keluarga akan sangat menyenangkan. Di tempat ini telah disediakan puluhan spot foto, di antaranya taman bunga matahari, bunga celosia, papan lukisan yang indah, menara pandang, dan masih banyak lagi.

Kebun aneka  sayur di Desa Pugaan, Kabupaten Tabalong, sedang ramai diperbincangkan. Maklum, kebun ini tidak seperti lazimnya milik petani yang hanya fokus dengan satu jenis tanaman. Agrowisata yang dikelola oleh salah satu warga tepatnya di desa ini menyediakan aneka  sayur kebutuhan rumah tangga.

WISATA KEBUN SAYUR DESA PUGAAN

Lokasi kebun cukup strategis dan mudah dijangkau. Dari warga Tabalong sendiri menuju tempat tersebut bisa menempuh jarak sekitar 28 Kilometer melalui jalan A.Yani menuju arah ke Hulu Sungai Utara. Setelah itu nantinya akan menemui jalan pertigaan batas Kabupaten Amuntai dan Tabalong. Kemudian tinggal belok kanan ke Jalan Pematang Desa Pugaan sekitar 500 meter, dan disana akan menemui objek wisata sayuran tersebut.

Begitu tiba di lokasi, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan mempesona. Berbagai sayut akan ditemui pada saat pintu masuk seperti timun yang sudah bergantungan, dan sisi pagar dengan sayuran kacang panjang. Selain labu air, timun yang bergelantungan, juga mata pengunjung dimanjakan dengan berbagai sayuran yang lain, seperti  cabe, bayam, buncis, kangkung, pare, terong hijau dan ungu, oyong, dan kacang panjang yang siap dipetik bagi pengunjung yang ingin membeli.

Salah seorang warga yang berkunjung, Irma mengatakan objek wisata ini sangat bagus, selain tempatnya strategis juga pas untuk ngebeburit menunggu buka puasa.

“Objek wisata ini sangat cocok buat  keluarga terutama ibu ibu, untuk mendapatkan sayuran segar dengan cara memetik langsung. Selain itu, harganya relatif lebih murah,” kata Irma yang sehari harinya bekerja sebagai pendamping desa.

Ia berharap, agar wisata sayuran ini untuk jenisnya agar bisa ditambah lebih banyak lagi.

  • Agro Wisata di Desa Naluai Kec Jaro
  • Danau Biru di Desa Tabur Kec . Pugaan yang lagi Trend Saat iniDanau Biru ( danau buatan di Pugaan )

Wisata Religi dan Budaya  1. Mesjid Pusaka Banua Lawas. Mesjid pusaka ini merupakan mesjid peninggalan leluhur pejuang kemerdekaan dan tokoh ulama yang menyebarkan syiar Islam.


2. Makam Syech Datu Nafis di Kelua. Makam ini merupakan tokoh ulama yang dihormati dan disegani oleh masyarakat dan penjajah pada zaman perjuangan melawan penjajahan Belanda.


3
. Mesjid Puain Kanan di Kecamatan Tanta.

4. Makam Datu Puain di Kecamatan Tanta.

5. Makam Datu Harung di Kecamatan Murung Pudak.


6
. Makam Datu Abi (Datu Buaya) di Kecamatan Pugaan.

7. Makam Gusti Buasan di Kecamatan Haruai.

8. Pemukiman Suku Dayak di Kecamatan Tanta

————————————————————————————

OBYEK WISATA LAINNYA :

Objek wisata Riam Mambanin

Objek Wisata Air Terjun Lano

Objek Wisata Gunung Jawuk dan Bukit Mambanin

Objek Wisata Riam Kinarum

Objek Wisata Religi di Kabupaten Tabalong

Tanjung Puri Indah

Tanjung Bersinar Park

Wisata Religi Makam Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari

Tabalong Islamic Center ( Mesjid Raya Al Abrar Maburai )

Obyek Wisata Hutan Kota Tanjung

Pusat Kuliner Barunak

Pusat Pasar Buah Umaiyah

Tabalong Etnic Festival

Tanjung Expo Center